Manajemen
Pemasaran I
Sistem
Informasi Dan Riset Pemasaran
Dosen
Pembimbing :
Dr. Muslichah Erma Widiana, Dra.Ec ., MM
Di
susun Oleh:
Kelompok
II
v
Edward .Rudi Rumatrai
(10.021.056 )
(10.021.056 )
Fakultas
Ekonomi
Program
Studi Manajemen
Universitas
Bhayangkara Surabaya
2012
KATA PENGANTAR
Puji syukur
penulis hanturkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat dan rahmat-Nya
penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul ” Sistem Informasi dan
Riset Pemasaran”. Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas kuliah mata kuliah Manajemen.
Pemasaran I . Selain itu makalah ini juga dibuat dengan tujuan agar para
pembaca dapat mengetahui tentang ruang lingkup manajemen Pemasaran. Dan agar
para pembaca dapat lebih memahami apa yang dimaksud dengan Pemasaran itu
sendiri.
Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Dr.Muslichah
Erma Widiana, Dra. Ec., MM selaku dosen mata kuliah Manajemen Pemasaran I .
Dan penulis juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah
banyak membantu penulis dalam penyusunan makalah ini.
Penulis menyadari, makalah ini masih jauh dari sempurna.
Untuk itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari para
pembaca. Semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian.
Surabaya, 07 November 2012
Penyusun
DAFTAR ISI
Kata Pengantar .................................................................................................................... i
Daftar isi .............................................................................................................................. ii
Bab I Pendahuluan
............................................................................................................... 1
Bab II Pembahasan
.............................................................................................................. 2
2.1 Sistem Informasi Pemasaran ( Marketing
Informasi System ) .................................... 2
2.2 Empat Tahap Pemasaran ......................................................................................... 2
2.3 Dua Kebijakan Publik Dan dan Etika dalam
Riset .................................................... 3
Bab III Penutup ................................................................................................................... 4
3.1 Kesimpulan ............................................................................................................. 4
Daftar Pustaka .....................................................................................................................
BAB
I
PENDAHULUAN
Sistem Informasi adalah bahan dasar pengambilan keputusan dalam kegiatan
pemasaran. Informasi bagi usaha kecil dikelola dengan mudah, sederhana dan
informal, sehingga usaha kecil sering tidak memiliki unit kerja yang mengelola
informasi bagi dalam pengumpulan, pengolahan maupun distribusi. PT. Jawa Pos
media televisi aktivitasnya semakin
besar dan komplek perusahaan ditambah dengan meningkatnya persaingan dan
perubahan lingkungan, semakin meningkatkan kebutuhan sistem informasi yang
lebih formal dan sistematis. Pemasaran adalah seperti halnya dengan ilmu
pengetahuan, bersifat dinamis dan selalu mengalami perubahan yang sangat
cepat,tidak dapat di prediksikan dengan tepat. Perubahan dalam dunia pemasaran
merupakan suatu keharusan lantaran dunia bisnis sebagai induk dari pemasaran-
terus menerus berubah menyesuaikan diri dengan kemajuan jaman. Walaupun
mengalami perubahan. era
globalisasi memberikan pengaruh cukup besar bagi pemasaran dan menumbuhkan
tantangan-tantangan baru dalam profesi pemasaran masa kini.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Sistem
Informasi Pemasaran ( Marketing Information system / MIS)
Sistem Informasi adalah bahan dasar pengambilan
keputusan dalam kegiatan pemasaran. Informasi bagi usaha kecil dikelola dengan
mudah, sederhana dan informal, sehingga usaha kecil sering tidak memiliki unit
kerja yang mengelola informasi bagi dalam pengumpulan, pengolahan maupun distribusi.
Sistem informasi pemasaran terdiri dari manusia peralatan dan prosedur untuk
mengumpulkan, mengatur, menganalisi, mengevaluasi, mendistribusikan informasi
yang dibutuhkan secara tepat waktu danakurat, kepada pembuat keputusan
pemasaran .
2.2
Empat Tahap
Riset Pemasaran
Suatu riset
pemasaran yang efektif dibutuhkan 4 langkah agar diperoleh data yang sesuai
dengan tujuan pemasaran. Ke empat langkah tersebut adalah :
1.
Langkah pertama,
Mendefinisikan Masalah Dan Tujuan Riset. Dalam Hal Ini Manager Pemasaran Dan
Peneliti Pemasaran Untuk Mendefinisikan Masalah Dengan Hati-Hati Dan
Menentukan Tujuan Dari Riset Ini. Management Harus Mengarahkan Agar Jangan
Sampai Masalah Menjadi Luas Atau Terlalu Sempit.
2.
Langkah kedua, mengembangkan
rencana riset. Periset pemasaran mengharuskan pengembangan rencana yang
paling efisien untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan. Manajer pemasaran
harus mengetahui biaya rencana riset, sumber data, pendekatan riset dan lainnya
sebelum menyetujui.
3.
Langkah ketiga,
mengumpulkan informasi. Pada tahapan ini umumnya merupakan tahap yang paling
mahal dan paling sering terjadi kesalahan. Olehn karena itu Diperlukan
Ketelitian Dan Kesabaran Untuk Mendapatkan Data Informasi Yang Akurat.
4.
Langkah keempat, menganalisa informasi. Semua informasi yang didapat
perlu disaring sesuai dengan kebutuhan dan tujuan dari riset ini. Perhitungan
dan analisa akan data yang telah diperoleh akan menentukan langkah yang diambil
selanjutnya.
Kebijakan Publik dan etika
dalam Riset Pemasaran, jika
digunakan dengan tepat, riset pemasaran bermanfaat baik untuk perusahaan yang
mensponsori maupun untuk pelanggannya, riset pemasaran didefinisikan sebagai rancangan
sistematis dari mengumpulkan , analisis dan pelaporan data yang relevan tentang situasi pemasaran spesifik. Informasi
dari hasil riset pemasaran ini digunakan untuk
mengetahui dan menentukan ngenai
peluang serta masalah pemasaran dan perbaikan pemahaman mengenai pemasaran .
perusahaan dapat melakukannya sendiri
bagi perusahaan yang mempunyai departemen ini.
2.3 Dua Kebijakan Publik dan Etika dalam Riset
Pemasaran
Jika digunakan dengan baik dan
tepat, maka riset pemasaran bermanfaat baik untuk perusahaan yang mensponsori
maupun untuk pelanggannya.membantu perusahaan untuk mengambil keputusan yang
lebih baik yang pada gilirannya akan menghasilkan produk dan jasa yang lebih
memenuhi kebutuhan konsumen.
1. Analisis
Informasi
Informasi yang dikumpulkan oleh intelijen
pemasaran dan system riset pemasaran perusahaan seringkali masih memerlukan
analisis dan adakalanya manajer perlu bantuan lebih lanjut menerapkannya dalam
menghadapi masalah dan keputusan pemasaran.
2. Mendistribusikan
Informasi
Sebelum
Manajer Menggunakan Cara Untuk Mengambil Keputusan Pemasaran Dengan Lebih Baik
Maka Informasi Pemasaran Tidak Akan Mempunyai Arti Apa-Apa.Informasi Pemasaran
Yang Dikumpulkan Oleh System Intelijen Pemasaran Dan System Riset Pemasaran Harus Diterimakan Kepada Manajer Pemasaran Yang
Tepat Pada Waktu Yang Tepat.
DAFTAR PUSTAKA
www,Google.co.id/search.
Kebijakan publik riset pemasaran.
www.stialan bandung.ac.id/index.penerapan
marketing dalam sektor public.
Kotler
.Keller, 1967, manajemen pemasara, Jakarta , Erlangga.
Rangkuli,
Freddy, 1996, Riset Pemasaran, Jakarta PT. Gramedra Pustaka Utama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar