Jumat, 14 Februari 2014

Sistem Informasi Dan Riset Pemasaran



Manajemen Pemasaran I

Sistem Informasi Dan Riset Pemasaran      

        


Dosen Pembimbing :
Dr. Muslichah Erma Widiana, Dra.Ec ., MM
Di susun Oleh:
Kelompok II
v   Edward .Rudi   Rumatrai      
             (10.021.056 )

Fakultas Ekonomi
Program Studi Manajemen
Universitas Bhayangkara Surabaya
2012


KATA PENGANTAR


    Puji syukur penulis hanturkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat dan rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul ” Sistem Informasi dan Riset Pemasaran”. Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas kuliah mata kuliah Manajemen. Pemasaran I . Selain itu makalah ini juga dibuat dengan tujuan agar para pembaca dapat mengetahui tentang ruang lingkup manajemen Pemasaran. Dan agar para pembaca dapat lebih memahami apa yang dimaksud dengan Pemasaran itu sendiri.
Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Dr.Muslichah Erma Widiana, Dra. Ec., MM selaku dosen mata kuliah Manajemen Pemasaran I . Dan penulis juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah banyak membantu penulis dalam penyusunan makalah ini.
Penulis menyadari, makalah ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari para pembaca. Semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian.


Surabaya, 07 November  2012




Penyusun



DAFTAR ISI


Kata Pengantar ....................................................................................................................         i
Daftar isi ..............................................................................................................................        ii
Bab I Pendahuluan ...............................................................................................................        1
Bab II Pembahasan ..............................................................................................................        2
2.1 Sistem Informasi Pemasaran ( Marketing Informasi System ) ....................................        2
2.2 Empat Tahap Pemasaran .........................................................................................        2
2.3 Dua Kebijakan Publik Dan dan Etika dalam Riset ....................................................        3
Bab III Penutup  ...................................................................................................................        4
3.1 Kesimpulan .............................................................................................................        4
Daftar Pustaka .....................................................................................................................





BAB I
PENDAHULUAN

     Sistem Informasi adalah bahan dasar pengambilan keputusan dalam kegiatan pemasaran. Informasi bagi usaha kecil dikelola dengan mudah, sederhana dan informal, sehingga usaha kecil sering tidak memiliki unit kerja yang mengelola informasi bagi dalam pengumpulan, pengolahan maupun distribusi. PT. Jawa Pos media televisi  aktivitasnya semakin besar dan komplek perusahaan ditambah dengan meningkatnya persaingan dan perubahan lingkungan, semakin meningkatkan kebutuhan sistem informasi yang lebih formal dan sistematis. Pemasaran adalah seperti halnya dengan ilmu pengetahuan, bersifat dinamis dan selalu mengalami perubahan yang sangat cepat,tidak dapat di prediksikan dengan tepat. Perubahan dalam dunia pemasaran merupakan suatu keharusan lantaran dunia bisnis sebagai induk dari pemasaran- terus menerus berubah menyesuaikan diri dengan kemajuan jaman. Walaupun mengalami perubahan. era globalisasi memberikan pengaruh cukup besar bagi pemasaran dan menumbuhkan tantangan-tantangan baru dalam profesi pemasaran masa kini.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Sistem Informasi Pemasaran ( Marketing Information system / MIS)
Sistem Informasi adalah bahan dasar pengambilan keputusan dalam kegiatan pemasaran. Informasi bagi usaha kecil dikelola dengan mudah, sederhana dan informal, sehingga usaha kecil sering tidak memiliki unit kerja yang mengelola informasi bagi dalam pengumpulan, pengolahan maupun distribusi. Sistem informasi pemasaran terdiri dari manusia peralatan dan prosedur untuk mengumpulkan, mengatur, menganalisi, mengevaluasi, mendistribusikan informasi yang dibutuhkan secara tepat waktu danakurat, kepada pembuat keputusan pemasaran .
2.2  Empat Tahap Riset Pemasaran
Suatu riset pemasaran yang efektif dibutuhkan 4 langkah agar diperoleh data yang sesuai dengan tujuan pemasaran. Ke empat langkah tersebut adalah :
1.      Langkah pertama, Mendefinisikan Masalah Dan Tujuan Riset. Dalam Hal Ini Manager Pemasaran Dan Peneliti Pemasaran Untuk Mendefinisikan  Masalah Dengan Hati-Hati Dan Menentukan Tujuan Dari Riset Ini. Management Harus Mengarahkan Agar Jangan Sampai Masalah Menjadi Luas Atau Terlalu Sempit. 
2.      Langkah kedua, mengembangkan rencana riset. Periset pemasaran mengharuskan pengembangan  rencana yang paling efisien untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan. Manajer pemasaran harus mengetahui biaya rencana riset, sumber data, pendekatan riset dan lainnya sebelum menyetujui. 
3.      Langkah ketiga, mengumpulkan informasi. Pada tahapan ini umumnya merupakan tahap yang paling mahal dan paling sering terjadi kesalahan. Olehn karena itu Diperlukan Ketelitian Dan Kesabaran Untuk Mendapatkan Data Informasi Yang Akurat.  
4.      Langkah keempat, menganalisa informasi. Semua informasi yang didapat perlu disaring sesuai dengan kebutuhan dan tujuan dari riset ini. Perhitungan dan analisa akan data yang telah diperoleh akan menentukan langkah yang diambil selanjutnya.


Kebijakan Publik dan etika dalam Riset Pemasaran, jika digunakan dengan tepat, riset pemasaran bermanfaat baik untuk perusahaan yang mensponsori maupun untuk pelanggannya, riset  pemasaran didefinisikan sebagai rancangan sistematis dari mengumpulkan , analisis dan pelaporan data yang relevan  tentang situasi pemasaran spesifik. Informasi dari hasil riset pemasaran ini digunakan untuk  mengetahui  dan menentukan ngenai peluang serta masalah pemasaran dan perbaikan pemahaman mengenai pemasaran . perusahaan dapat  melakukannya sendiri bagi perusahaan yang mempunyai departemen ini.

2.3   Dua Kebijakan Publik dan Etika dalam Riset Pemasaran

       Jika digunakan dengan baik dan tepat, maka riset pemasaran bermanfaat baik untuk perusahaan yang mensponsori maupun untuk pelanggannya.membantu perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih baik yang pada gilirannya akan menghasilkan produk dan jasa yang lebih memenuhi kebutuhan konsumen.
1.  Analisis Informasi
      Informasi yang dikumpulkan oleh intelijen pemasaran dan system riset pemasaran perusahaan seringkali masih memerlukan analisis dan adakalanya manajer perlu bantuan lebih lanjut menerapkannya dalam menghadapi masalah dan keputusan pemasaran.
2.     Mendistribusikan Informasi
        Sebelum Manajer Menggunakan Cara Untuk Mengambil Keputusan Pemasaran Dengan Lebih Baik Maka Informasi Pemasaran Tidak Akan Mempunyai Arti Apa-Apa.Informasi Pemasaran Yang Dikumpulkan Oleh System Intelijen Pemasaran Dan System Riset  Pemasaran Harus Diterimakan Kepada Manajer Pemasaran Yang Tepat Pada Waktu Yang Tepat.




DAFTAR PUSTAKA
www,Google.co.id/search. Kebijakan publik riset pemasaran.
www.stialan bandung.ac.id/index.penerapan marketing dalam sektor public.
Kotler .Keller, 1967, manajemen pemasara, Jakarta , Erlangga.
Rangkuli, Freddy, 1996, Riset Pemasaran, Jakarta PT. Gramedra Pustaka Utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar